Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Yang Benar

Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Yang Benar
Cara Menambah kapasitas RAM smartphone android memang sedikit janggal didengan namun tutorial kali ini sudah banyak dicoba dan hasilnya sangat memuaskan karena peforma smartphone para user yang menggunakan tips ini menjadi lebih cepat dan ringan dan tutorial ini berlaku untuk semua jenis smartphone android dengan ram yang umumnya kecil.

Jangan berfikir jika RAM script atau tweak itu berfungsi untuk menambah kapasitas RAM Android itu salah kaprah. RAM script adalah naskah berupa source kode yang dibuat menggunakan bahasa pemrogramman C yang memiliki fungsi untuk mengoptimalkan penggunaan RAM Android dan bukan berfungsi untuk menambah kapasitas RAM.

Perlu saya ingatkan tutorial ini bukan berarti bisa menambah jumlah ram anda yang berawal dari 512mb menjadi 1GB atau 1GB menjadi 2GB namun kita akan menggunakan tehnik untuk membuat virtual memory dengan berbagai macam metode seperti Swap File, Swap Partition dan Zram. Fungsi dari virtual memory ini adalah sebagai RAM bayangan yang membantu kinerja smartphone melalui foreground, background dan virtual memory ini dapat bekerja dilatar belakang smartphone anda. Untuk pengertian mengenai beberapa jenis virtual memory.


Swap File

Fungsinya untuk membuat virtual memory dengan cara memanfaatkan file yg tersimpan didalam SD Card sebagai media swap.

Swap Partition

Fungsinya untuk membuat virtual memory menggunakan media partisi SD Card. Tehnik ini menggunakan cara membuat partisipasi ulang untuk memory eksternal anda dan dibagi menjadi tiga bagian. Pada umumnya partisipasi ketiga menggunakan system Linux Swap.

ZRAM

fungsinya untuk membuat virtual memory menggunakan RAM internal. Cara kerjanya yaitu mengompresi sebagian ruang RAM internal Android guna dimanfaatkan sebagai virtual memory. Kesimpulannya semakin besar penggunaan kapasitas ZRAM semakin juga ruang kapasitas untuk RAM internal Android anda.

Membuat Virtual memory Android tidak perlu anda buat terlalu besar dan jika anda memaksakan untuk membuat virtual memory yang besar malah akan membuat kinerja RAM internal menjadi lambat dan tips kali ini maximal membuat virtual memory sebesar 256mb sudah lebih dari cukup untuk membantu multi tasking system android. 

Jika anda membuat sebuah virtual memory sbeesar 1GB maka itu hanya akan sia-sia karena tidak akan membantu kinerja smartphone android anda dan berikut ini tips mengenai cara menambah ram di smartphone android anda..

Install Swapper for Root

Swapper for Root berfungsi untuk menambah RAM Android dengan Virtual Memory. Swapper for Root merupakan langkah awal yang tidak perlu membuat patisipasi pada SD Card anda tetapi aplikasi ini akan memakan ruang memori eksternal untuk menyiman swap file dan berikut langkah mudahnya
  1. Sebelum mengikuti langkah ini pastikan semarphone anda sudah diroot.
  2. Download aplikasi Swapper for Root kemudian Install lalu buka Aplikasinya.
  3. Setelah dibuka centang active swap on boot.
  4. Lalu pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
  5. Isi Value dengan jumlah kapasitas yang anda inginkan " besarnya kapasitas swap RAM bergantung pada besarnya ruang kosong memori eksternal anda"
  6. lalu save "tunggu sampai swap file selesai dibuat"
  7. Restart perangkat Android anda.

Install SD-Booster

SD-Booster berfungsi untuk meningkatkan kecepatan SD Card saat membaca atau memproses data (R/W). Cara kerjanya hampir menyerupai Overlock pada CPU namun ini menggunakan SD Card. Nah untuk tutorialnya silahkan simak langkah dibawah ini
Sebelum mengikuti langkah ini pastikan semarphone anda sudah diroot.
  1. Download aplikasi SD-Booster lalu install dan buka Aplikasinya.
  2. Isi cache size dengan jumlah 1024 atu 2048 "jumlah yang dianjurkan"
  3. Lalu tekan centang pada gambar.
  4. Selesai.

Install Juwe RAM Script

Juwe RAM Script berfungsi sebagai script yang mengatur RAM Android Terbaik. Juwe RAM Scipt dapat membantu mengoptimalkan peforma, mempercepat kinerja dan menghilangkan lag atau galat aplikasi. Sekarang Juwe RAM Script sudah dikemas dalam bentuk aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah para penggunanya dan walau dalam bentuk aplikasi script ini masih berfunsi sangat optimal dalam proses multi tasking dan lag. dan anda akan merasakan banyaknya ruang kapasitas memory jika menggunakan tips ini. Dan jika tidak sabar lagi silahkan ikuti tips berikut yang saya jadikan 2 buah langkah.


Tutorial Install Juwe RAM Script menggunakan CWM Recovery
  1. Sebelum mengikuti langkah ini pastikan semarphone anda sudah diroot.
  2. Silahkan install CWM Recovery jika belum terinstall di perangkat Smartphone Android anda.
  3. Lalu download Juwe RAM Script dan Install
  4. Buka CWM Recovery lalu pilih install zip from sd card dan arahkan ke Juwe RAM Script.
  5. Klik Install
  6. Selesai.

Tutorial Install Juwe RAM Script secara manual
  1. Sebelum mengikuti langkah ini pastikan smartphone anda sudah diroot.
  2. Lalu Install init.id dan active kan "tips ini menggunakan init.id tanpa ganti kernel"
  3. "Mohon diperhatikan untuk folder init.id tidak bisa hanya dibuat folder dengan nam init.id secara manual. Folder init.id harus terhubung dengan system. Jika asal-asalan memberi nama pada folder init.id maka ini tidak akan berfunsi"
  4. Kalau sudah mengerti silahkan download Juwe RAM Script
  5. Ekstrak filenya ke dalam folder /system/etc/init.id menggunakan file manager yang mendukung akses root seperti aplikasi "Root Explorer"
  6. Ubah file permission nya menjadi rwxr-xr-x agar terbaca oleh system.
  7. Restart perangkat Smartphone Android Anda.
  8. Selesai

Cara Menambah RAM Android Terbaru

Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Yang Benar
Cara menambah RAM Android ini dikhusukan untuk anda yang malas mengikuti tutorial diatas yang mungkin rumit dan sulit untuk anda praktekan dan tutorial ini sangat mudah, anda hanya perlu mengunduh aplikasi RAM Manager dan dibagi menjadi versi Free dan Pro. Fitur dan kelebihan yang dimiliki RAM Manager adalah memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibandingkan Juwe RAM Script.


Semua itu karena RAM Manager mengadopsi beberapa fitur yang digunakan oleh Juwe RAM Script. RAM Manager juga menggunakan tampilan antarmuka yang sangat baikdan terdapat beberapa macam pilihan preset seperti Balance, Hard multi tasking, Dan Hard Gaming yang mana setiap pilihan preset memberikan efek terbaik sesuai keguanaanya dan cocok untuk segala jenis kebutuhan anda.

Akhir kata untuk beberapa tutorial diatas silahkan anda pilih salah satu dan jangan anda pilih semuanya itu hanya akan membuat kinerja system semakin lambat dan jika masih bingung dalam mengikuti tutorial diatas bisa ditanyakan dikotak komentar dan jika ada saran serta kritik bisa disampaikan melalui menu contact sekian semoga berhasil. 

1 komentar:

Apakah itu berhasil? Klo berhasil mohon jawab�� makasih

Silahkan tulis komentar anda mengenai pertanyaan dan sanggahan dari anda. Saya sangat menghargai komentar yang baik dari anda, terima kasih